SpaceX , Kapsul Luar Angkasa Sukses Di luncurkan

SpaceX , Kapsul Luar Angkasa Sukses Di luncurkan

LiputanGlobal9 – Kapsul tiada awak SpaceX, Crew Dragon, sudah sukses melaju dari landasan NASA, Sabtu (2/3). Kapsul itu terbang ke arah Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Ruang Station-ISS) serta diskedulkan akan datang besok pagi (3/3).

Crew Dragon sukses melaju pada 02:49 waktu ditempat atau 14:49 WIB dari Kennedy Ruang Center di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. Kapsul yang nantinya akan dipakai untuk membawa astronaut ke ISS itu di luncurkan dengan roket Falcon 9 SpaceX.

Di kapsul ada boneka dummy yang berakting menjadi astronaut yang dibawa ke orbit Bumi. Boneka yang diberi nama Ripley ini sudah dipasang beberapa sensor untuk tahu keadaan apa yang mungkin menerpa astronaut saat diterbangkan dengan kapsul itu.

Kapsul Crew Dragon dengan tinggi 4,9 mtr. ini sukses lepas dari roket sesudah melaju 11 menit lalu. Kapsul itu lalu meneruskan perjalanannya ke arah ISS.

Kapsul ini lalu akan diterima oleh tiga kru penghuni ISS yang membawa 181 kg logistik serta beberapa piranti untuk lakukan pengetesan, seperti diterangkan NASA.

SpaceX , Kapsul Luar Angkasa Sukses Di luncurkan

Crew Dragon akan lakukan rangkaian pengetesan saat lima hari menempel di ISS. Astronaut AS Anne McClain serta astronaut Kanada David Saint-Jacques akan lakukan pengetesan serta menginspeksi kabin Crew Dragon.

NASA sudah memberi proyekkepadaSpaceX serta Boeing untuk bangun kapsul serta roket untuk mengirim astronaut ke orbit. Kedua-duanya mendapatkan dana US$6,8 miliar untuk menjalankan misi itu.

AS akhir kali mengirim astronaut ke ruangan angkasa pada 2011 saat mereka hentikan operasi Ruang Shuttle mereka. Pesawat lagi alik ini sudah beroperasi saat 30 tahun.

Bila peluncuran ini sukses, jadi AS akan akhiri ketergantungan mereka atas roket serta pesawat ruangan angkasa Rusia. AS harus membayar US$80 juta perorang untuk setiap perjalanan pergi pulang ke ISS. Di ISS yang mengapung 402 km. diatas bumi, AS mempunyai laboratorium riset seniali US$100 miliar.

Walau peluncuran sudah dikerjakan, akan tetapi masih tetap ada kebimbangan apa NASA dapat penuhi tujuan untuk menerbangkan sendiri astronautnya tahun ini. SpaceX serta Boeing tetap harus penuhi ketetapan ranangan serta mekanisme keselamatan spesifik sebelum mereka betul-betul dapat menerbangkan manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *