Softbank, Investasi ke Grab Sebesar Rp20 Triliun

Softbank, Investasi ke Grab Sebesar Rp20 Triliun

LiputanGlobal9 – Softbank, Investasi ke Grab Sebesar Rp20 Triliun. Grab memperoleh suntikan dana dari Softbank Vision Fund sebesar US$1,46 miliar sama dengan Rp20,65 triliun (kurs US$1=Rp14.145) melalui permodalan seri H. Dengan penambahan dana itu, jadi Grab sudah terima keseluruhan permodalan seri H sejumlah lebih dari US$4,5 miliar sama dengan Rp63,65 triliun.

Pendiri serta CEO Grab Anthony Tan menjelaskan permodalan yang didapat Grab adalah permodalan yang paling besar di Asia Tenggara, bahkan juga salah satunya permodalan yang paling besar dalam dunia.

“Kami ini hari menginformasikan permodalan lebih dari US$4,5 miliar, serta US$1,46 miliar dikasihkan oleh Softbank. Ini merepresentasikan permodalan swasta paling besar di industri ini,” kata Anthony di Lippo Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (6/3).

Anthony menjelaskan Grab masih tetap buka kesempatan investor lainnya untuk menjajaki permodalan pada seri H. Beberapa investor lainnya yang termasuk juga dalam putaran permodalan seri H diantaranya: Toyota Motor Corporation, Oppenheimer Funds, Hyundai Motor Grup, Booking Holdings, Microsoft Corporation, Ping An Capital serta Yamaha Motor.

Perusahaan dengan status decacorn pertama di Asia Tenggara ini akan memakai permodalan itu untuk percepat pelebaran usaha GrabFood serta GrabExpress. Diluar itu, dana itu akan dipakai untuk menjalankan service usaha baru di indonesia.

Softbank, Investasi ke Grab Sebesar Rp20 Triliun

Sekarang ini Grab kuasai 60 % market share roda dua serta 70 % market share roda empat dalam usaha penyedia service transportasi online. Usaha Grab di lndonesia pun sukses menuliskan penghasilan 2x lipat di tahun 2018.

GrabFood sudah beroperasi di 178 kota di Indonesia, naik cepat dari tahu awal mulanya cuma di 13 kota. Sedang dari bagian volume pengiriman tumbuh hampir 10 kali lipat di tahun 2018.

Di akhir Februari lantas, Grab sudah mengatakan ‘naik kelas’ jadi startup dengan status decacorn pertama di Asia Tenggara. Decacorn sendiri adalah perusahaan dengan valuasi lebih dari US$10 miliar.

Akhir tahun kemarin, Grab diberitakan barusan kantongi permodalan US$3 miliar, hingga keseluruhan valuasi (nilai perusahaan) Grab sampai lebih dari US$11 miliar. Dengan penambahan suntikan dana dari Softbank ini jadi valuasi Grab ditaksir jadi seputar US$12 miliar.

Akan tetapi, Anthony malas memaparkan besarnya valuasi Grab sesudah penambahan dana Softbank itu.

“Kami tidak bicara spesifik mengenai valuasi, tapi investasi ini adalah bukti atas keyakinan investor pada usaha Grab,” tukas Anthony.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *